PROFIL LP2M UNIVERSITAS MERDEKA MALANG
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

            Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat merupakan gabungan dari dua lembaga yakni  Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat dengan Lembaga Penelitian, penggabungan dilakukan pada tahun 2008.  Untuk mewujudkan efektivitas, integritas dan sinergias kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Universitas merdeka Malang, maka dibutuhkan adanya suatu strategi yang diwujudkan dalam roadmap penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan pijakan dari berbagai aktivitas untuk meningkatkan kualitas daya saing Universitas Merdeka di era global. Orientasi kegiatan LPPM adalah keberdayaan masyarakat melalui  Ekonomi kreatif dan entrepreneurship menuju ramah lingkungan yang berkelanjutan, sementara bidang kajian dalam skema penelitian dasar maupun terapan adalah: 1) bidang pemberdayaan, 2) bidang ekonomi kreatif dan entrepreneurship dan 3) lingkungan Adapun output yang diwajibkan untuk memperkuat kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat adalah diterbitkannya hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di jurnal, buku, Haki serta dihasilkannya Teknologi Terapan. Selain itu sebagai penunjang kepakaran dosen maka hasil penelitian dan pengabdian ini wajib diseminarkan baik tingkat lokal, nasional maupun internasional

            Sejarah perkembangan struktur kelembagaan sebelum bergabung menjadi LPPM, diawali tahun 1987, lembaga penelitian memiliki dua Pusat Studi yaitu Pusat Penelitian Kemandirian (Puslit Kemandirian) dan Pusat Penelitian Kependudukan & Lingkungan Hidup (Puslit KLH), berkembangan tahun1991 ditambah satu Pusat yaitu Pusat Pembinaan Kegiatan Ilmiah (PusBinki). Perkembangan selanjutnya Pusat Penelitian Kemandirian dipindahkan ke Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat, sebagai gantinya membentuk Pusat Penelitian Tenaga Kerja dan Pedesaan (Puslit Nakerdes). Sejalan dengan perkembangan dan tuntutan kebutuhan Tahun 1997, Lembaga Penelitian Universitas Merdeka Malang menambah Pusat Studi Kajian Wanita. Guna mengikuti perubahan tuntutan kebutuhan pada tahun 2002  struktur kelembagaan Lembaga  Penelitian berubah secara mendasar mengubah pusat-pusat penelitian terdiri dari: (1) Pusat Penelitian Peranan Wanita dan Kependudukan (P3WK); (2) Pusat Penelitian Lingkungan Hidup; (3) Pusat Penelitian & Pengembangan Sumberdaya Ekonomi dan Pembangunan (P3SEP); (4) Pusat Penelitian & Pengembangan Teknologi Terapan (P3TT); dan (5) Pusat Penelitian Pengembangan Wilayah, Pariwisata dan Kebijakan Publik (P3WPKP).

            Adapun Struktur kelembagaan Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPM) tahun 2004 memiliki lima Pusat Kegiatan yaitu: (1) Pusat Pengembangan Pengabdian Kepada Masyarakat; (2) Pusat Evaluasi Pengembangan; (3) Pusat Pengembangan Usaha Mandiri dan Kewirausahaan; (4) Pusat Pengembangan Sektor Informal dan Pedesaan; dan (5) Pusat Inkubator Bisnis.

           Perkembangan terakhir, agar sejalan dengan program dan struktur kelembagaan Direktorat Jenderal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat DIKTI (DP2M-DIKTI), serta bertujuan pada fleksibilitas, efektifitas dan efisiensi operasi maka, Lembaga Penelitian dan Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat digabung menjadi satu dengan nama: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M/LPPM). LP2M periode 2008-2012 memiliki 5 Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Msyarakat yaitu: (1) Pusat Pengembangan IPTEK; (2) Pusat Kependudukan dan Tenaga Kerja dan Lingkungan Hidup; (3) Litbang Sektor Informal, Kewirausahaan Pedesaan, dan Konsultan Keuangan Mitra Bank $ Inkubator (4)  Pusat Litbang Program dan Intitusional; dan (5) Pengembangan Pengabdian Kepada Masyarakat. LPPM untuk periode 2012-2016 memiliki 4 Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yaitu: (1) Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah; (2) Pusat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat; (3) Pusat Kemandirian, Kewirausahaan, dan UMKM; (4)  Pusat Lingkungan, Bencana dan Gender. Tahun 2017 sejalan dengan perkembangan waktu dan menyesuaikan dengan kebutuhan LPPM memiliki 3 Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yaitu: (1) Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah; (2) Pusat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat; (3) Pusat Kemandirian kewirausahaan dan Inkubator

            LPPM dipimpin oleh seorang Ketua Lembaga dibantu oleh sekretaris dan 3 orang Ketua Pusat Studi serta staff administrasi. Organisasi dan tatalaksana kerja Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Msyarakat  Universitas Merdeka Malang ditetapkan dengan Surat Keputusan Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka Malang tentang pokok-pokok Organisasi dan Tugas Universitas Merdeka Malang.

Visi

Menjadi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unggul dalam rangka mewujudkan Universitas terkemuka pada skala nasional dan Internasional

Misi

  1. Meningkatkan, mengembangkan mutu kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta menyebarluaskan hail-hasilnya kepada pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholder) untuk mendorong peningkatan image lembaga dan terciptanya suasana akademik yang kondusif bagi terselenggaranya pendidikan berkualitas.
  2. Membina dan mengembangkan kerjasama-kemitraan dengan institusi lain didalam maupun diluar negeri dengan prinsip kesetaraan untuk menunjang kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan LPPM Unmer adalah memberikan dan membekali para peneliti dan pengabdi dengan berbagai kompetensi (kognitif, psikomotorik, afektif) yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan standar dunia industri, masyarakat dan dunia kerja baik internal maupun eksternal.

Upaya-upaya tersebut dilakukan dengan memperhatikan keberadaan lembaga dan semangat yang dimiliki, adapun kegiatan yang dilakukan adalah:

  1. Berperan secara aktif dalam pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  2. Mewujudkan jalinan kerjasama baik internal maupun eksternal
  3. Menciptakan produk-produk unggulan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  4. Menghasilkanpublikasi ilmiah baik ditingkat nasional maupun internasional
  5. Mendorong perolehan HKI untuk hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  6. Meningkatkan kemandirian lembaga dan pusat pusat penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  7. Meningkatkan kemampuan dan peran serta dosen dan mahasiswa dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  8. Menciptakan image building yang positif

Lingkup Jasa dan Kegiatan

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Merdeka malang menjalankan aktivitas Tridharma secara konsisten dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan dan layanan:

  1. Layanan penelitian, pengembangan dan difusi hasil IPTEKS, pemberdayaan masyarakat dan KKN
  2. Penyelenggaraan skema edukasi dan diseminasi hasil penelitian dan pengabdian dalam bentuk kegiatan pelatihan, seminar, workshop, lokakarya dan KKN
  3. Pengembangan kekuatan dan potensi ekonomi melalui layanan pemberdayaan kelompok binaan untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM)
  4. Layanan perolehan dan pengelolaan HKI
  5. Layanan pusat teknologi dan analisis data statistik
  6. Layanan dasar klinik publikasi dan jurnal
  7. Layanan hilirisasi produk hasil penelitian, pengabdian dan KKN
  8. Merumuskan beberapa jenis penelitian dan pengabdisn yang relevan dan mendukung Renstra LPPM sebagai pedoman dalam pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

ORGANISASI KELEMBAGAAN

Dalam melaksanakan fungsinya, Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kepada Masyarakat dipimpin oleh seorang Ketua Lembaga dibantu oleh seorang Sekretaris Lembaga. Sebagai pelaksana lembaga memiliki 3 pusat yang masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala Pusat. Adapun  pusat tersebut adalah:

  1. Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah
  2. Pusat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
  3. Pusat Kemandirian, Kewirausahaan dan Inkubator.