ARSIP BERITA TAHUN 2019
Pengarahan Pelaksanaan & Pelaporan Penelitian Tahun 2019

Program hibah program penelitian ini diharapkan dapat memberi kesempatan kepada peneliti untuk meletakan pondasi awal penelitiannya sesuai dengan renstra penelitian, sehingga memudahkan untuk dikembangkan menjadi penelitian unggulan universitas dan memberi bekal untuk mengikuti kompetisi memperoleh hibah penelitian dari kementrian Ristekdiki atau sumber dana lainnya yang lebih kompetitif dikemudian hari. Pengajuan penelitian yang sesuai dengan Renstra Penelitian Universitas Merdeka Malang meliputi 3 bidang yaitu: Lingkungan, Ekonomi Kreatif / Kewirausahaan dan Pemberdayaan Program Hibah Peneliti Pemula (HPP) dimaksudkan sebagai kegiatan penelitian dalam rangka membina dan mengarahkan para peneliti pemula untuk meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan penelitian di perguruan tinggi. Cakupan Penelitian ini meliputi semua rumpun ilmu. HPP merupakan salah satu skema penelitian yang diperuntukkan bagi dosen tetap untuk meningkatkan kemampuan meneliti dan menjadi sarana latihan bagi dosen pemula untuk mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal ilmiah baik nasional maupun nasional terakreditasi. Setelah penelitian selesai, para peneliti diwajibkan untuk menyerahkan laporan komprehensif hasil penelitian. Kegiatan ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh dosen peneliti pemula di lingkungan Universitas Merdeka Malang yang belum memenuhi syarat untuk mengajukan penelitian PUPT atau belum memiliki record penelitian yang memadai. Penelitian ini sifatnya mono year, dan tidak melalui proses seleksi.

Universitas Merdeka Malang memiliki komitmen yang kuat didalam mendorong hasil-hasil invensi Universitas menjadi sebuah inovasi produk teknologi. Pengembangan produk inovasi tetap mengacu pada bidang-bidang unggulan sebagaimana yang ada pada Renstra Penelitian Unmer Malang Tahun 2016-2021, dengan 3 Bidang Unggulan yaitu: 1) Lingkungan, 2) Ekonomi Kreatif / Kewirausahaan, 3) Pemberdayaan. Peran Universitas Merdeka Malang memiliki nilai yang besar dalam upaya menghasilkna produk-produk inovasi sedangkan industri berperan mengubah hasil penelitian produk inovasi menjadi produk barang dan jasa komersial, mudah didapat dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Program penelitian Inovasi menuntut output berupa prototipe produk inovatif yang layak diindustrikan dan dikomersialisasikan atau dikembangkan lebih lanjut dengan indiustri atau kegiatan ekonomi masyarakat.

LPPM Unmer Malang memberi kesempatan kepada Dosen (Dosen baru & Pemula) untuk melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bersifat memecahkan masalah, komprehensif, bermakna, tuntas, dan berkelanjutan (sustainable) dengan sasaran yang tidak tunggal. Hal-hal inilah yang menjadi alasan dikembangkannya program Pengabdian Masyarakat Pemula. Khalayak sasaran program ini adalah: 1) masyarakat yang produktif secara ekonomi; 2) masyarakat yang belum produktif secara ekonomis, tetapi berhasrat kuat menjadi wirausahawan; dan 3) masyarakat yang tidak produktif secara ekonomi (masyarakat umum/biasa). Tujuan kegiatannya sebagai berikut: a. membentuk/mengembangkan sekelompok masyarakat yang mandiri secara ekonomi dan sosial; b. membantu menciptakan ketentraman, dan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat; dan c. meningkatkan keterampilan berpikir, membaca dan menulis atau keterampilan lain yang dibutuhkan (softskill dan hardskill).

Hasil penilaian kinerja pengabdian kepada masyarakat oleh Ristek Dikti telah berhasil memetakan perguruan tinggi dalam klaster Unggul, Sangat Bagus, Memuaskan, dan Kurang Memuaskan. Saat ini Universitas Merdeka Malang masuk dalam klaster “Sangat Bagus”. Untuk mendukung percepatan tercapainya renstra pengabdian masyarakat Universitas Merdeka Malang memberikan pendanaan skema pengabdian masyarakat sebagai bentuk bagi Dosen untuk melaksanakan pengabdiannya. Dengan demikian skema pengabdian ini harus mengacu kepada Renstra Pengabdian kepada Masyarakat yang sudah disusun oleh LPPM Unmer Malang. Pengelolaan pengabdian masyarakat ini meliputi seleksi, pelaksanaan program, pengawasan, dan pelaporan diserahkan kepada perguruan tinggi. LPPM Unmer Malang akan melakukan penjaminan mutu setiap tahapan pengabdian kepada masyarakat. Tujuan Pengabdian Unmer Membangun Desa pendanaan ini sebagai berikut: a. Mempercepat target capaian renstra pengabdian kepada masyarakat; b. Mengaplikasikan hasil riset unggulan perguruan tinggi yang sesuai dengan urgensi kebutuhan masyarakat; dan c. Memberikan solusi permasalahan masyarakat.

Tahapan pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat meliputi tahapan pengumuman, pengusulan, penyeleksian /penunjukan, penetapan, pelaksanaan, pengawasan, pelaporan, dan penilaian keluaran. Setiap tahapan dikelola melalui laman lppm.unmer.ac.id,

Pada awal sejarah,manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi. Bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain. Tetapi bahasa yang disampaikan dari mulut ke mulut hanya bertahan sebentar saja,yaitu hanya pada saat si pengirim menyampaikan informasi melalui ucapannya itu saja. Setelah ucapan itu selesai,maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas. Untuk jarak tertentu,meskipun masih terdengar,informasi yang disampaikan lewat bahasa suara akan terdegradasi bahkan hilang sama sekali.

Banyak orang di Indonesia kesulitan mencari kerja, sementara itu katanya di luar negeri banyak lowongan kerja terutama untuk bidang yang berhubungan dengan teknologi informasi,bidang "high-tech". Betulkah demikian ? dan apa mungkin lulusan Perguruan Tinggi Indonesia bisa bekerja di luar negeri ? Simak terus tulisan ini.....


Profil LPPM UNMER Malang

            Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat merupakan gabungan dari dua lembaga yakni  Lembaga Pengabdian… Selanjutnya..

Kontak LPPM